“Serat Padhalangan Ringgit Purwa” jilid 1 s/d 37 – KGPAA Mangkunegara VII


“ Serat Padhalangan Ringgit Purwa “ jilid 1 s/d 37.
KGPAA Mangkunegara VII, KPA Kusumadiningrat, J. Kats, MB Djajengtarjana.

Tulisan Budi Adi Soewirjo, Jakarta di mail-list
paguyuban_pecinta_wayang@yahoogoups.com
pada tanggal 07 Juni 2011 :
 

Perkenankan saya berbagi cerita kegemaran saya menelusuri buku wayang.

Antara tahun 1990 s/d 1995 saya pernah melakukan ‘ riset amatiran ’ menelusuri buku wayang Jawa yang pernah terbit di Indonesia sejak Indonesia merdeka. ‘ Riset amatiran ‘ ini tidak mencakup buku komik wayang. Sangat banyak buku yang menarik. Di bawah ini saya ceritakan salah satunya. 

Saya pilihkan judul ini karena, dari mengamati korespondensi di mail list PPW, salah satu yang terungkap adalah para taruna belum banyak tahu tentang cerita-cerita wayang purwa versi leluhur Jawa. Alangkah baiknya jika tersedia buku bacaan yang banyak memuat ringkasan cerita lakon-lakon wayang purwa versi Jawa, dan memungkinkan para taruna bisa membacanya. 

Dari penelusuran di dapat keterangan sejarah buku sebagai berikut : 
.

(1)

“ KGPAA Mangkunagara VII dibantu KPA Kusumadiningrat, J. Kats serta MB Djajengtarjana berhasil mengumpulkan lakon-lakon wayang purwa. Urut serta lengkap, mencakup hampir semua lakon baku di pedalangan, total 177 lakon. [ Catatan saya : maksudnya urut serta lengkap adalah lakon-lakon diurutkan sesuai ‘ era lakon ‘, mulai dari lakon para Dewa, kemudian berturut-turut diikuti lakon era Lokapala, lakon era Arjunasasrabahu, era Ramayana dan era Mahabarata ]. 

Pada antara tahun 1930 ~ 1932 penerbit Balai Pustaka menerbitkan 177 lakon tersebut, dengan judul buku “ Serat Padhalangan Ringgit Purwa “ terbagi dalam 37 jilid. Buku ini beraksara Jawa, ceritanya dalam bahasa Jawa. Dihiasi gambar wayang – yang hampir semua dari Mangkunegaran – hasil karya R. Sulardi, Kasidi serta Darmatjarita. 

[ Catatan : Dari sumber buku karya Clara van Groenendael disebutkan bahwa 37 jilid buku ini sudah pernah terbit antara tahun 1927 ~ 1932 ].
.

(2)

Pak Kamajaya – seorang budayawan Jawa di Yogyakarta menceritakan : Pada tahun 1955 Pak R. Hardjawiraga [ penulis buku ‘ Sejarah Wayang Purwa ‘ yang melegenda ] menuliskan dan menerbitkan kembali lakon-lakon dalam buku tersebut. Jilid 1 nya merupakan gabungan lakon-lakon dari jilid 1, 2, 3 dan 4 buku lama. [ Catatan : saya sendiri belum pernah menemukan buku ini ].
.

(3)

Pada tahun 1965, penerbit UP Indonesia Yogyakarta dengan penulis Kamajaya merencanakan akan menuliskan dan menerbitkan kembali lakon-lakon dari buku tersebut butir (1) ditambah dengan 3 lakon Lokapala : Sastra Djendra Yuningrat, Sugriwa Subali dan Jathasura Maesasura ; karena menurut Pak Kamajaya cerita itu belum tersusun rapi di buku butir (1). [ Catatan : Saya hanya menemukan buku jilid 1. Kelihatannya rencana penerbit UP Indonesia belum berhasil melaksanakan rencananya menerbitkan 177 + 3 lakon. ]
.

(4)

Pada  antara tahun 1978 ~ 1981 Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia  melalui Proyek Penerbitan Buku Bacaan dan Sastra Indonesia dan Daerah menerbitkan kembali 37 jilid buku “ Serat Padhalangan Ringgit Purwa “. Pengalih aksara an dan penerjemahan dilakukan oleh Pak R. Mulyono Sastronaryatmo. Setiap buku ini terbagi menjadi dua bagian. Bagian depan berisi naskah yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, kemudian di bagian belakang adalah naskah asli dengan huruf Latin.

[ Pada waktu itu urusan Pendidikan dan urusan Kebudayaan disatukan di satu Departemen. Tidak seperti saat ini dimana urusan Kebudayaan disatukan dengan urusan Pariwisata ; jadi urusan Kebudayaan tidak disatukan dengan urusan Pendidikan, berbeda Kementerian  ] 

Buku ini tidak dijual untuk umum, namun dibagikan secara gratis ke perpustakaan-perpustakaan di lingkungan Dept P&K. Pada tahun 1995 ketika saya ‘ riset amatiran ‘ itu, saya tidak menemukan satu perpustakaan pun yang saat itu masih menyimpan lengkap 37 jilid.

***

Demikianlah berbagi cerita saya tentang sejarah salah satu judul buku wayang – namun terdiri dari 37 jilid – yang menarik. Dan menurut saya sangat baik jika bisa diusahakan saat ini untuk bisa dibaca para taruna. Namun sayang, kemana kita bisa mendapatkan / meminjam buku ini ?  Terutama bagi para taruna yang mukim di daerah jauh dari sentra budaya Jawa. Inilah salah satu faktor yang menjadi pemicu semangat saya untuk memulai kegiatan konservasi / digitalisasi dan memungkinkan para taruna serta siapapun dimanapun bisa membaca kepustakaan wayang lama. 

Bagi rekan PPW yang mempunyai info keberadaan buku tersebut atau yang bisa mengusahakan foto copy dari buku tersebut mohon bisa meng-informasi-kan ke email saya basoewirjo@yahoo.com ; untuk kemudian bisa ditampilkan ebook nya di wayangpustaka. 

Pada waktu Dept P&K menerbitkan buku tersebut, Dept P&K menyebarluaskan gratis buku itu dengan harapan memberi kesempatan masyarakat untuk membacanya. Oleh karena itu mari kita teruskan semangat Dept P&K , kita digitalkan buku tersebut agar bisa dibaca oleh masyarakat.

***

Mas Pranowo Budi Sulistyo, Bandung mempunyai koleksi dua jilid buku tersebut, yaitu jilid 24 dan 26. Keduanya sudah pernah ditampilkan di wayangpustaka :

“ Serat Padhalangan Wayang Purwa Jilid XXIV “
http://wayangpustaka.wordpress.com/2009/11/09/serat-padhalangan-ringgit-purwa-xxiv/

Berisi lakon :
Samba Ngengleng
Bomantaka (Bomasuruhan)
Sugatawati (Endrasekti)
Perkawinan Sugatawati
Perkawinan Raden Jaladara
Perkawinan Raden Setyaki

“ Serat Padhalangan Wayang Purwa Jilid XXVI “
http://wayangpustaka.wordpress.com/2009/11/10/serat-padhalangan-ringgit-purwa-xxvi/

Berisi lakon :
Suryaputra Rabi
Bambang Danasalira
Kumbayana
Durna Tapa

2 responses to this post.

  1. […] Buku asli / terbitan pertama beraksara Jawa sebanyak 37 jilid diterbitkan Bale Poestaka, Batavia pada tahun 1932. Tidak diketahui apakah Balai Pustaka, Jakarta saat ini masih menyimpan buku aslinya tersebut. […]

    Reply

  2. […] dari penggambar legendaris Kasidi, Darma Tjarita dan R Soelardi yang tertampilkan di seri buku “ Serat Pedhalangan Ringgit Purwa jilid 1 s/d 37 “ yang terbit tahun […]

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: