Gambar wayang purwa lama bewarna dipindai resolusi tinggi.


Gambar wayang purwa lama bewarna dipindai resolusi tinggi.

Ditulis oleh Budi Adi Soewirjo.
Jakarta, 17 Juli 2011. 

Laman Wayangpustaka telah pernah menampilkan puluhan file sharing gambar wayang purwa era 1937-an yang dipindai dengan resolusi tinggi :

http://wayangpustaka.wordpress.com/daftar-gambar-wayang-purwa-dengan-resolusi-tinggi/

.

Minggu lalu laman Wayangpustaka menerima pinjaman gambar wayang purwa lama bewarna dari mas Akhy Dchocholate ( Ki Guno Carito ) yang beralamat di area Jl. Bangka, Jakarta. Gambar-gambar tersebut kelihatannya bagian dari suatu buku, namun tidak diketahui buku apa karena saat ini gambar-gambar tersebut sudah merupakan lembar-lembar halaman terpisah. Satu halaman memuat satu gambar. Jika menilik gambarnya , wayang-wayang tersebut se-type dengan wayang karya Kasidi, Darmotjarito, RM Sulardi yang pernah diterbitkan tahun 1937-an. Namun kelihatannya gambar ini berasal dari buku cetakan ulang sekitar akhir tahun 1950-an menilik bahwa nama tokoh tertulis dengan ejaan Suwandi. Buku-buku semacam ini sudah tidak pernah terbit lagi sejak era 1960-an ; paling tidak itu yang diketahui penulis.

Laman Wayangpustaka mengucapkan terima kasih atas peminjaman gambar tersebut sebagai dukungan upaya konservasi materi wayang, dari media tercetak direkam menjadi media rekam digital. Hasil konservasi file digital akan merupakan persiapan bahan isi Perpustakaan Terbuka Wayang Digital , namun sekarang pun Anda bisa mengunduhnya gratis.

Konservasi ini diusahakan dengan memakai resolusi tinggi agar para pemakai / pengunduh bisa mendapatkan gambar digital yang cukup bagus , sebagai bahan pembelajaran wayang atau dipergunakan berikutnya dalam apresiasi wayang.

Kami mengajak Anda – yang mungkin mempunyai lembar-lembar gambar wayang seperti ini – untuk mendukung kegiatan nirlaba konservasi kepustakaan dan materi tercetak wayang lainnya , agar karya para pendahulu kita ter-konservasi dan bisa diketahui lebih luas oleh masyarakat.

Jika Anda berkehendak untuk memindai dan mengunggah sendiri ke internet file sharing. Terima kasih banyak. Silakan Anda bisa berbagi alamat URL nya dengan kami untuk ditampilkan URL nya di laman Wayangpustaka.

Jika Anda kesulitan memindai – namun Anda bersedia sukarela berbagi nirlaba – silakan Anda meng-info kami, dan kami bersedia untuk gotong royong memindai dan mengunggah ke internet file sharing.

Semua kegiatan dengan satu landasan kegiatan gotong royong nirlaba : konservasi karya pendahulu yang – barangkali – sekarang kurang terawat, memungkinkan masyarakat melihat / membaca karya pendahulu yang sudah tidak terbit lagi ( sepanjang hal tersebut memungkinkan ), sedikit demi sedikit mengumpulkan bahan isi Perpustakaan Terbuka Wayang Digital yang mungkin bisa terbentuk kelak kemudian hari.

*** 

Saat ini tersedia lima gambar wayang :

Catatan : Jangan mengunduh dari blog ini karena file nya sudah terkompresi , unduhlah di URL file sharing yang tercantum di bawah nama tokoh masing-masing.
.
.

.
Satyawati ; 5,43 MB
http://www.4shared.com/photo/psiUGg_D/Satyawati_crop.html 

Bathara Indra ; 7,36 MB
http://www.4shared.com/photo/kWQ-_oJL/Bathara_Indra_cmprs.html 

Durmagati ; 7,83 MB
http://www.4shared.com/photo/Ztjwngjz/Durmagati_crop.html 

Jayadratha ; 8,16 MB
http://www.4shared.com/photo/SANw7mPe/Jayadratha_crop.html 

Parasara ; 6,86 MB
http://www.4shared.com/photo/cLH_2EtJ/Parasara_crop.html

3 responses to this post.

  1. Posted by Aryo Sunaryo on 20 July 2011 at 14:17

    Gambar-gambar wayang purwa berwarna yang di- post memang punya nilai dokumen tinggi. Tapi di pasaran saya juga menjumpai gambar-gambar wayang yang dari segi kualitas juga tidak kalah bagus, misalnya yang dibuat oleh Sanggar Sedayu dan dicetak dalam format A3. Bagaimana jika gambar-gambar tersebut dipindai?

    Reply

  2. […] sebelumnya berupa gambar wayang berwarna, silakan kunjungi halaman blog Wayangpustaka02 : https://wayangpustaka02.wordpress.com/2011/07/17/gambar-wayang-purwa-lama-bewarna-dipindai-resolusi-t… Advertisement LD_AddCustomAttr("AdOpt", "0"); LD_AddCustomAttr("Origin", "other"); […]

    Reply

  3. salut untuk blog pustaka wayang, saya mencari gambar wayang yg merupakan adegan cerita yg dramatis misalnya: perang bratayudha, pertarungan arjuna dan karna, bisma mati, lakon piksi dewata, lakon wahyu dharma, pandawa labuh dll apakah pustaka wayang memilikinya? kalau tidak ada dimana saya harus cari? terimakasih banyak atas perhatiannya

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: