Ebook “Serat Bratayuda” karya Karel Fredrik Winter – 1945, 1980.


ebook cerita wayang, cerita wayang, Serat Bratayuda, Serat Rama, Serat Arjuna Sasra, Karel Fredrik Winter, Proyek Penerbitan Buku Sastra Indonesia dan Daerah.

 

Karel Fredrik Winter ; “ Serat Bratayuda “ ; Jakarta ; Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Proyek Penerbitan Buku Sastra Indonesia dan Daerah (PPBSID) ; 1980 ; 243 halaman ; huruf Latin ; bahasa Indonesia dan bahasa Jawa.
.

 

.

Buku ini adalah hasil penerbitan kembali oleh PPBSID Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI pada tahun 1980. Buku aslinya terbit tahun 1945 di Amsterdam, Negeri Belanda. Pengarang buku ini adalah Karel Fredrik Winteryang menceritakan dalam bahasa Jawa cerita Baratayuda, ditambahi cerita Serat Rama dan Serat Arjuna Sasra.

Dalam penerbitan kembali ini PPBSID menambahkan terjemahan cerita-cerita tersebut dalam bahasa Indonesia yang dimuat di bagian depan. Kemudian bagian berikutnya adalah cerita aslinya dalam bahasa Jawa.

.
Tulisan keterangan di dalam buku tersebut :

” Punika pepethikan saking Serat Bratayuda, akaliyan saking Serat Rama punapa dene saking Serat Arjuna Sasra. Ingkang ngarang Kanjeng Tuwan Karel Fredrik Winter, juru basa ing negari Surakarta.

Kaecapkaen dening Kanjeng Tuwan Tako Rordha, pandhita ageng saha guruning basa Jawi ing negari Delft, ing tanah Nederlan. Pangecapipun wonten negari ing Amsterdam, ing tahun : 1945. “

.

Usaha konservasi buku ini ke dalam bentuk digital dilaksanakan oleh Bp Roni Subari beserta putra-putranya. Beliau adalah pecinta wayang yang menjadi Sekretaris di kepengurusan Paguyuban Pecinta Wayang di Bandung. Sedangkan buku tersebut adalah koleksi Bp Pranowo Budi Sulistyo, Bandung. Admin wayangpustaka mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah memungkinkan terjadi konservasi ini. Sangat bermanfaat sebagai peran serta berbagi pengetahuan tentang wayang.

Saat ini file konservasi digital kami rasa masih terlalu besar untuk file sharing ( total 72 Mb ). Kami berusaha untuk membuat file yang lebih kecil dahulu sebelum kami tempatkan file tersebut di URL file sharing. Mohon pembaca bersabar beberapa saat.

 

Pemutakhiran tanggal 13 Januari 2012 :

Akhirnya file konservasi kami bagi menjadi enam file. Satu file Serat Bratayuda dalam bahasa Jawa yang file digitalnya bisa Anda unduh gratis di alamat :
http://www.4shared.com/zip/S710-3QV/Serat_Bratayuda_Bhs_Jawa.html

 

Satu file berikutnya adalah Serat Bratayuda yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, file digitalnya bisa Anda unduh gratis di alamat :
http://www.4shared.com/zip/QjsmaUaq/Serat_Bratayuda_Bhs_Indonesia.html

 

 

Dua file berikutnya adalah file digital Serat Rama dalam bahasa Jawa dan file digital Serat Rama yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Contoh tampilan halaman Serat Rama bisa Anda lihat di halaman berikutnya :
https://wayangpustaka02.wordpress.com/2012/01/13/ebook-serat-rama-oleh-karel-fredrik-winter-1945-1980/

 

Kemudian file kelima dan keenam adalah file digital Serat Arjunasasra dalam bahasa Jawa dan file digital Serat Arjunasasra yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Contoh tampilan halaman Serat Arjunasasra bisa Anda lihat di halaman berikutnya :
https://wayangpustaka02.wordpress.com/2012/01/13/ebook-serat-arjunasasra-tulisab-karel-fredrik-winter-1945-1980/

 

 

Di bawah ini tamplian cuplikan Serat Bratayuda yang berbahasa Jawa , kemudian di bawah nya tampilan cuplikan bagian yang sama yang sudah diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia.

 

 

 

 

 

4 responses to this post.

  1. Posted by Yohanes Triwidiantono on 20 January 2012 at 10:32

    Wooo … lha mas Roni…., dokumen .jpg, mulane kula ngos-ngosan, kula kinten .pdf.

    he…he…

    Reply

  2. […] Fredrik Winter ; “ Serat Bratayuda “ ; Jakarta ; Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Proyek Penerbitan Buku Sastra Indonesia dan […]

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: