Ebook ” KAWRUH JOGED MATARAM ” disusun oleh Dewan Ahli Yayasan Siswa Among Beksa Ngayogyakarta Hadiningrat – 1981 – [ebook tari klasik gaya Yogya]


.

KAWRUH JOGED MATARAM, Filsafat Tari, Filsafat Bedhaya, Beksan Srimpi, Beksan-beksan Kuna, Beksan Menak, Beksan Tuguwasesa, Beksan Etheng, Beksan Guntur Segara, Beksan Bugis, Beksan Langen Wiraga, Beksan Langendriyo, Aneka Tari, Ragam Tari, tari klasik gaya Mataram, tari klasik gaya Yogyakarta, Dewan Ahli Yayasan Siswa Among Beksa Ngayogyakarta Hadiningrat.

Di dalam buku JOGED MATARAM ini Gusti Bandara Pangeran Haryo Suryobrongto menulis tentang tari klasik gaya Mataram , yang cuplikan nya sebagai berikut :

Tari Yogya adalah tari yang sifatnya abstract – syimbolis. …..

dan seterusya

Dalam tari Jawa Klasik itu terdapat tiga macam tingkat dari mimiek ini yaitu : Pandengan, Polatan dan Pasemon, ini termasuk expresi geraknya. Keduanya harus diatur oleh jiwa. Jiwalah yang akan menentukan “intensiteit” dari expresi itu. Tanpa pengisian jiwa, tari akan kurang hidup, kosong, tanpa “diepte”, dangkal, tidak bergaya, (“stijlloos”) dan tanpa berkarakter. (“Karakterloos”).

Untuk mempertajam kepekaan panca inderanya dalam bidang : ”auditif”, “visual” dan “kinaesthetis” seorang penari harus melatih diri agar jiwanya dapat menerima semua “impulsen” dari luar yang berhubungan dengan peranan dari tarinya, agar jiwanya dapat mengisi expresi geraknya dengan “impulsen” ini. “Impulsen” yang dibawakan oleh Gendhing, Kandha, Kawin, Lagon, Ada-ada, Dialog, dan Ceritanya. Maka konsentrasi total menjadi syarat mutlak untuk dapat menjalankan ini semua, agar actingnya nanti tidak menjalar ke over acting. Maka dari semua unsur ini dijadikan satu kesatuan.

Dalam perkembangan dari abad ke abad, terciptalah suatu filsafat tari yang menjadi intisari atau unsur pokok di dalm tari Klasik Gaya Yogyakarta yang spesifik, yang khas. Dengan SENI KEBATINAN ini (bukan ilmu kebatinan), setiap gerak dan sikap akan dapat lebih hidup, dan berisi dan expresinya lebih intens. Dalam segala bidang seni yang sejati terdapatlah seni kebatinan ini.

dan seterusnya

Seni kebatinan inilah yang kita namakan “JOGED MATARAM”, karena belum ada istilah lain. Nama ini diambil hanya mengoper dari nama yang diberikan oleh seorang Guru Tari yang paling terkemuka yaitu : R.P. Rio Kertatmodjo.

dan seterusnya

.

Tari Klasik Gaya Yogyakarta tulisan Bp Suryobrongto di dalam buku KAWRUH JOGED MATARAM terbitan Yayan Siswa Among Beksa Yogyakarta

Tari Klasik Gaya Yogyakarta tulisan Bp Suryobrongto di dalam buku KAWRUH JOGED MATARAM terbitan Yayan Siswa Among Beksa Yogyakarta

.

Tari Klasik Gaya Yogyakarta 2- Suryobrongto c.

Tari Klasik Gaya Yogyakarta 3- Suryobrongto c.

dan seterusnya

.

.

Buku KAWRUH JOGED MATARAM disusun oleh Dewan Ahli Yayasan Siswa Among Beksa Ngayogyakarta Hadiningrat.

Buku KAWRUH JOGED MATARAM disusun oleh Dewan Ahli Yayasan Siswa Among Beksa Ngayogyakarta Hadiningrat.

 

.

Data buku selengkapnya sebagai berikut :

Judul dan tulisan yang ada di sampul buku : “ KAWRUH JOGED MATARAM “. Filsafat Tari; Filsafat Bedhaya; beksan-beksan Kuna; Menak; Tuguwasesa; Etheng; Guntur Sefgara; Bugis; Langen Wiraga; Langendriyo; Aneka Tari; Ragam Tari; dan …..

Disusun oleh : Dewan Ahli Yayasan Siswa Among Beksa Ngayogyakarta Hadiningrat.
Diterbitkan oleh : Yayasan Siswa Among Beksa, Yogyakarta.
Tahun terbit : 1981.
Jumlah halaman : 80.
Bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa.
Dihiasi foto-foto tari.

Untuk tujuan konservasi buku , sudah dilaksanakan pemindaian membentuk file digital format PDF.
File tersebut bisa diunduh gratis di alamat URL :
http://www.mediafire.com/view/m1x3cj4svev5x9k/Kawruh_Joged_Mataram-_Siswa_Among_Beksa_NEW.pdf

.

.

Falsafah Bedhaya dan Srimpi ditulis Bp Brontodiningrat dalam buku KAWRUH JOGED MATARAM terbitan Yayasan Siswa Among Beksa Yogyakarta.

Falsafah Bedhaya dan Srimpi ditulis Bp Brontadiningrat dalam buku KAWRUH JOGED MATARAM terbitan Yayasan Siswa Among Beksa Yogyakarta.

.

Falsafah Tari Gaya Yogyakarta 2- Brontodiningrat c.

Falsafah Tari Gaya Yogyakarta 3- Brontodiningrat c.

Falsafah Tari Gaya Yogyakarta 4- Brontodiningrat c.

Falsafah Bedhaya dan Srimpi ditulis oleh Bp Brontodiningrat dalam buku KAWRUH JOGED MATARAM terbitan Yayasan Siswa Among Beksa Yogyakarta.

Falsafah Bedhaya dan Srimpi ditulis oleh Bp Brontadiningrat dalam buku KAWRUH JOGED MATARAM terbitan Yayasan Siswa Among Beksa Yogyakarta.

.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: