Penerbit CV. Cendrawasih, Sukoharjo, Surakarta – [penerbit buku wayang]


Penerbit CV Cendrawasih, Sukoharjo, Surakarta.

 

Penerbit Cendrawasih merupakan penerbit yang senantiasa menerbitkan buku-buku pedalangan wayang purwa Jawa ; baik mengenai tuntunan pedalangan, balungan lakon, karawitan, sindenan. Boleh dikata saat ini hanya penerbit Cendrawasih yang masih setia menerbitkan buku-buku pedalangan. Menggembirakan, ada yang meneruskan ‘tradisi’ penerbitan buku wayang purwa di kota Surakarta. Meneruskan semangat penerbit-penerbit terdahulu ( antara lain ; era 1950 an ~ 1970 an : Sadoe-Boedi, Pelajar, Trijasa ; era 1980 an ~ 1990 an : Ratna, Amigo ) yang saat ini sudah tidak ada.

 

Dengan format cetakan di atas kertas koran (HVO) yang sederhana, harga buku bisa dibuat murah sehingga lebih terjangkau oleh masyarakat luas. Meskipun ada kelemahannya juga, yaitu buku dengan kertas koran kurang awet.

 

Bagaimanapun semangat penerbit Cendrawasih patut kita apresiasi sebagai salah satu usaha menjaga dan mengembangluaskan seni pedalangan sebagai warisan leluhur kita. Hendaknya lebih disadari bahwa usaha pewarisan tidak boleh hanya dengan budaya tutur atau belajar dari mendengar melihat menirukan , tetapi juga harus diperkaya dengan budaya menulis dan membaca.

 

Semoga semangat dan kiprah penerbit Cendrawasih tetap terjaga di tahun-tahun mendatang. Bahkan kita berharap semangat dan kiprah tersebut menular kepada yang lain sehingga jumlah terbitan kepustakaan pedalangan atau wayang makin banyak dan beragam.

 

Blog wayangpustaka akan lebih banyak mewartakan / menampilkan buku-buku terbitan penerbit Cendrawasih di tahun 2013 ini.

 

 

Alamat penerbit CV. CENDRAWASIH :
Jl. Pemuda 18,
Tel (0271) 593121,
Sukoharjo, Surakarta
Jawa Tengah

One response to this post.

  1. […] “ WEJANGAN, WEWARAH, BANTAH, CANGKRIMAN, PIWULANG KAPRAJAN. Jilid 3. “ ; Sukoharjo, Surakarta ; penerbit CV Cendrawasih ; tahun ? = edisi revisi [ cetakan pertama diperkirakan sekitar 1993 ] ; 130 halaman ; gambar […]

    Reply

Leave a comment